Senin, 09 Agustus 2010

CARA SEHAT MENURUNKAN BERAT BADAN

BAGAIMANA MENINGKATKAN METABOLISME

Jika anda bisa meningkatkan metabolisme tubuh, anda dapat mengurangi berat badan tanpa latihan gerak tubuh. Ada cara yang dapat mengontrol metabolisme anda sehingga anda bisa mendapatkan penurunan berat tubuh. Tingkat metabolisme adalah seberapa banyak kalori yang tubuh anda bakar dalam periode waktu tertentu. Ada dua tipe metabolisme yang dapat mempengaruhi anda.

Tingkat metabolisme basal, adalah seberapa cepat tubuh membakar kalori pada saat istirahat, hanya melakukan aktifitas normal, termasuk tidur. Tingkat metabolisme ini bisa jadi lebih penting daripada tingkat pembakaran kalori yang dilakukan dengan latihan gerak tubuh karena anda akan lebih banyak menghabiskan waktu beristirahat.

Tingkat metabolisme saat beristirahat, berbeda pada setiap orangnya dan dapat berubah-ubah setiap waktu pada orang yang sama. Mungkin anda salah satunya atau anda mengetahui siapa orangnya yang mengatakan bahwa dirinya mampu makan apapun tetapi tidak bertambah berat badannya karena mereka mampu menjaga perubahan tersebut. Anda menginginkan bentuk tubuh yang bagus sehingga anda akan berusaha membakar kalori yang telah anda masukkan sebelumnya dengan latihan fisik setiap hari.

Tidak ada rahasia apapun, dalam hal menurunkan berat badan dan menjaganya, anda harus membakar lebih banyak kalori daripada menambah kalori dengan makan. Anda bisa melihat sendiri perbandingan dari kedua proses ini, menjaga pola makan atau makan sesuka hati lalu membakarnya dengan latihan fisik, dan memberikan anda pilihan cara mana yang akan anda tempuh untuk mengurangi berat badan. Atau anda juga dapat mengkombinasikan kedua cara tersebut.

Anda bisa mendapatkan informasi lebih dalam mengenai cara sehat untuk mengurangi asupan kalori dari artikel lain. Sekarang kita akan membicarakan cara meningkatkan metabolisme saat beristirahat dan metabolisme basal. Banyak orang mulai menjauhi makanan saat mereka mencoba menurunkan berat badan. Ini adalah pemikiran paling buruk. Tubuh anda memerlukan makanan untuk dapat berfungsi dengan baik dan efisien. Saat anda berhenti makan atau menjauhi makanan, fungsi tubuh anda mulai mengalami penurunan karena ini berarti tubuh anda berusaha melakukan penghematan makanan. Ini adalah metabolisme anda mengalami perlambatan.

Bayangkan tubuh anda sebagai tungku perapian dan metabolisme adalah pengimbang panas. Untuk dapat tetap menghasilkan panas, anda harus memberinya makan. Jika anda memberinya sejumlah kecil makanan sesuai anjuran, anda akan mendapatkan produksi panas yang baik. Jika anda memakan sejumlah kalori yang sama seperi layaknya tungku tadi, dan kemudian mengeluarkan semua kalori tersebut dengan aktifitas normal anda yang telah anda modifikasi, tubuh anda akan mulai mengharapkan makanan tersebut akan tetap diberikan dan akan ia bakar lagi seperti halnya yang telah ia lakukan. Jika anda makan 5 atau 6 kali porsi kecil makanan sehari, anda akan memperoleh langkah besar dalam peningkatan metabolisme dan anda tidak perlu latihan fisik. Anda menggunakan proses alami tubuh anda sendiri.

Kebanyakan orang berkeinginan menurunkan berat badan bisa mencapai kehidupan yang lebih sehat. Salah satu cara terbaik yang dipilih untuk menjadi sehat adalah melakukan latihan fisik. Anda tidak perlu melakukannya secara intensif untuk membuat perbedaan besar. Jika bentuk tubuh anda bagus, anda akan bisa membakar lebih banyak kalori saat beristirahat. Banyak berjalan kaki dapat membentuk tubuh anda dan meningkatkan metabolisme basal anda. Berjalan kaki inilah yang saya maksudkan salah satu bentuk modifikasi aktifitas. Jika saat ini sering berkendaraan walaupun ke tempat yang tidak jauh jaraknya, ubahlah dengan bersepeda atau jalan kaki.

Untuk mencapai tujuan menurunkan berat badan, anda harus disiplin. Anda harus mau membuat perubahan. Anda tidak bisa terus melakukan hal yang sama dan berharap akan perubahan. Tapi dengan sedikit perubahan bisa membuat sebuah perubahan besar selamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda tentang tulisan saya.
Saya yakin komentar anda akan lebih memperkaya warna di blog ini