Minggu, 06 Desember 2009

Setting Modem USB CDMA/GSM-3G di Ubuntu 9.10 = Set Up the CDMA/GSM-3G USB Modem on Ubuntu 9.10

Sebelum saya melakukan setting dari perangkat bawaan Ubuntu 9.10 ini saya telah melakukan instalasi wvdial dan melakukan konfigurasi terhadap wvdial tersebut. Namun sayangnya begitu saya mencoba melakukan sambungan, selalu saja gagal sampai akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan tools bawaan Ubuntu 9.10 itu sendiri. Silahkan ikuti screenshot di bawah ini:

This guide is wrote for every one who not familiar with wvdial tool to set up a CDMA/GSM USB modem on Ubuntu 9.10

Lakukan langkah di bawah ini sebelum menancapkan modem = Unplug modem when do this steps. Follow the screenshots:

Langkah = Step #1



Langkah = Step #2



Langkah = Step #3



Langkah = Step #4



Langkah = Step #5



Langkah = Step #6



Langkah = Step #7



Setelah langkah di atas selesai dilakukan, tancapkan modem dan tunggu sampai yakin modem berhasil melakukan sambungan ke jaringan operator. Biasanya 5 menit sudah cukup.
Setelah yakin sambungan berhasil, lakukan restart komputer tanpa melepas modem = Plug in the modem when you done and wait until the modem got the network signal (it usually 5 minutes after it pluged). Restart the computer.
Setelah sampai di desktop, jika sambungan internet tidak terjadi otomatis, klik icon sinyal pada panel atas sebelah kanan kemudian pilih nama jaringan yang tadi kita seting = On the desktop, click the signal icon on the rigth of top bar and click the operator that you had configure it.
Jika berhasil, icon sinyal yang kosong = If it success, the blank signal icon: akan menjadi seperti ini = will be like it image:



Perlu diingat bahwa sepertinya Ubuntu belum bisa melakukan hotswap terhadap perangkat modem ini. Sedangkan saya coba colokin dulu modemnya baru saya nyalakan juga Ubuntu gagal membuka sambungan ke modem. Nah, untuk mengakalinya hidupkan komputer, sampai di desktop kita tancapkan modem, tunggu kira-kira 5 menit, restart komputer tanpa melepas modem. Sampai di desktop, coba lakukan sambungan seperti yang saya sampaikan di atas. Sekian. Semoga posting ini dapat membantu teman-teman. Jujur semenjak windows saya terserang Sality saya tidak bisa apa-apa lagi di windows dan sekarang saya berharap banyak kepada Ubuntu. Terima kasih juga buat teman-teman.
I find the Ubuntu 9.10 is not support for modem hot swap yet. So, to connect to the internet network we must turn on the computer to the desktop -> Plug the modem in -> wait for +/- 5 minute -> restart -> try to connect with clicking the signal icon until it connected

2 komentar:

  1. saya coba dulu pak, masalahnya saya punya problem yg sama. btw thnx berat buat Pak Dadang

    BalasHapus
  2. thanks buat info settingannya.
    bermanfaat banget mas.

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda tentang tulisan saya.
Saya yakin komentar anda akan lebih memperkaya warna di blog ini