Sabtu, 04 September 2010

Penyebab Utama Kecelakaan Tabung Gas Meledak

Dari sekian banyak praduga penyebab terjadinya ledakan tabung gas, faktor yang paling utama adalah manusia. Dari semua kejadian kecelakaan yang melibatkan meledaknya tabung gas dapat dilihat bahwa korban adalah orang yang memiliki pendidikan rendah, dan tidak mengenal sifat dari gas LPG yang digunakannya. Mereka tidak mengetahui cara pemasangan regulator dan bahkan mereka dengan entengnya meletakkan selang gas berseliweran bahkan terlipat seperti halnya selang air, dan ada juga yang berusaha menambal kebocoran dengan lem atau isolasi.

Faktor pengetahuan adalah penentu keselamatan dalam setiap kegiatan, termasuk menggunakan gas bertekanan tinggi. Saat program konversi minyak tanah ke gas seharusnya warga tidak cuma diberikan tabung gas gratis tetapi juga dibarengi dengan penyuluhan mengenai kegawatdaruratan pada tabung gas. Bau gas, seharusnya dikenalkan kepada semua calon pengguna LPG sehingga apabila ada kebocoran pengguna bisa langsung mengambil tindakan yang perlu dilakukan.

Selain konsumen, pihak distributor juga berperan dalam kecelakaan tabung gas yang terjadi selama ini. Oknum-oknum distributor yang nakal dan ingin memperoleh keuntungan lebih banyak dengan tega mengoplos gas ke dalam tabung yang telah tidak layak pakai.

Dan kesalahan juga terjadi pada pihak pertamina yang tidak memberikan perlindungan pada aset mereka sendiri. Tabung gas mereka tidak diberi serial number, cuma ada label SNI yang semua pemodal besar mampu untuk mengaplikasikannya. Dengan adanya serial number yang terdaftar, maka akan menyulitkan bagi pelaku penipuan untuk memalsukan tabung LPG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda tentang tulisan saya.
Saya yakin komentar anda akan lebih memperkaya warna di blog ini