Senin, 06 September 2010

Tips Berkendara

Menyusuri jalanan dengan kendaraan kesayangan memang menyenangkan, jangan sampai kesenangan kita sirna gara-gara petugas jalan raya meminta kita berhenti hanya gara-gara hal sepele. Dari hal sepele yang sering kita abaikan bisa saja berdampak besar saat kita berada di jalanan, siapa yang tahu apa yang akan terjadi?

Anda boleh memproklamirkan diri Anda sebagai pengendara terbaik, namun apakah orang-orang yang bersama-sama Anda menggunakan jalan memiliki kualitas yang sama baiknya dengan Anda dalam berkendara? Oleh karena itu pencegahan mesti diberlakukan sebelum kita meluncur di jalan raya.

Mulailah dengan kondisi kendaraan Anda terlebih dahulu; periksa tekanan ban, apakah ban masih layak pakai, apakah rem bekerja baik, apakah klakson berfungsi, apakah lampu sein menyala, apakah kaca spion bisa digunakan untuk melihat ke belakang, dan apakah bahan bakar masih cukup?

Kemudian kondisi tubuh Anda sendiri, sebaiknya Anda menggunakan sepatu untuk mengurangi resiko cidera bila terjatuh, gunakan juga jaket tebal, sarung tangan yang bisa memudahkan memegang setang, gunakan celana panjang tebal, masker, dan terakhir helm standard.

Siapkan juga kelengkapan surat kendaraan dan lisensi mengemudi Anda, sehingga jika Anda dihentikan oleh petugas jalan raya, Anda tidak perlu panik lagi. Selain itu, sedapat mungkin untuk tidak memberikan alasan bagi petugas jalan raya untuk memberhentikan Anda dengan menaati peraturan lalu lintas, dengan demikian waktu Anda tidak akan terbuang percuma karena diberhentikan oleh petugas karena Anda melakukan sedikit kesalahan.

Oke deh, selamat berkendara. Keep safe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda tentang tulisan saya.
Saya yakin komentar anda akan lebih memperkaya warna di blog ini