Sabtu, 11 September 2010

Fujitsu Lifebook T730 laptop/tablet - Laptop hibrid dengan dual-mode Layar Sentuh

Lifebook T730 merupakan produk terbaru yang bertujuan menyatukan konsep tablet dan laptop. Dengan pernyataan Fujitsu yang mengatakan ini adalah perangkat yang kompeten, akan ada beberapa fitur yang ditingkatkan.

Perangkat ini diluncurkan ke pasar dengan disertai oleh Windows 7 Professional dan fitur prosessor dual-core Intel Core i3-350M yang dapat berjalan pada kecepatan 2.27GHz, dengan RAM sebesar 2GB dan hard disk berukuran 320GB membuatnya sangat mudah menangani banyak tugas.

Disain
Pada saat pertama kali melihatnya T730 tampak rather bland, dan lebih bulkier daripada kebanyakan laptop di pasaran.

Ini memberikan disain impression untuk mereka yang banyak menghabiskan waktu di kantor, dengan tampilan rugged dan perangkat sensor kejut yang tertanam akan melindungi hard disk jika terjatuh.

Dengan beban 1.8Kg, Lifebook ini terbilang cukup berat dan membawanya akan membuat cepat lelah.

Fujitsu hadir untuk memangkas biaya hardware sehingga menjaga harga tetap rendah. Hal ini sangat tampak pada desain keyboard yang sangat dipaksakan pas ke badan laptop, membuatnya menjadi tidak nyaman saat melakukan pengetikan.

Sayangnya, layar 12.1in juga dibawah standard. Layar ini memiliki resolusi sebesar 1,200 x 800 pixels, namun display nya tampak buram sehingga saat menampilkan dokumen ataupun video berdurasi panjang menjadi tidak menyenangkan.

Khusus untuk trackpad, terasa sangat fiddly dan ini merupakan area yang harus diperbaiki oleh Fujitsu untuk model mendatang.

Interface
Kemampuan layarnya berotasi 180 derajat ke segala arah sangat mengagumkan, dan saat digunakan pada mode laptop layar terkunci dengan baik ditempatnya.

Namun demikian saat kita merubah ke mode tablet, T730 tidak dapat mendeteksi orientasi layar dengan benar, artinya orientasi haarus kita atur secara manual.

Kelayakan layar sentuh laptop ini sungguh mengejutkan, ini benar-benar berfungsi dengan baik. Display sangat responsif terhadap sentuhan jari maupun stylus digital yang tersimpan di bawah sebelah kanan sudut bingkai saat tidak digunakan.

Navigasi menu Windows cepat dan mudah, dan saat pengujian terhadap trackpad dilewati saja karena sempurnanya layar sentuh laptop ini.

Tersedia juga menu terdedikasi, yang membawa kepada Power Option, Control Panel dan Input Method Option. Menu ini dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan.

Pengetikan teks dapat dilakukan dengan 3 cara: dengan keyboard, pen digital, atau dengan layar sentuh. Saat memasukkan sedikit text, penggunaan pen lebih menyenangkan diantara ketiganya. Walaupun ini lebih lamban dari keyboard, tetapi menggunakannya lebih nyaman dan sangat akurat.

Konektifitas
Lifebook hadir dengan beragam fitur konektifitas termasuk USB 2.0, VGA, Ethernet dan HDMI. Juga tersedia koneksi wireless 3G/UMTS with GPS, wireless LAN dan Bluetooth. Sebuah multi card reader dengan kemampuan membaca jenis kartu memory SD/SDHC/SDXC/MS dan MSPro juga melengkapi laptop ini.

Fujitsu memasukkan juga port modular, yang dapat memungkinkan pengguna menambah baterai kedua atau hard disk tanpa mematikan laptop. Port ini juga dapat sebagai konektor Blu-Ray atau DVD combo drive.

T730 sangat menekankan fitur keamanan, membuatnya sesuai untuk kebutuhan pengguna kelas bisnis. Terdapat beberapa perangkat pengaman seperti fingerprint log-on, enkripsi data dengan Trusted Platform Module, dan SmartCard.

Pada T730 ini juga disertakan layanan Advanced Theft Protection, yang memungkinkan Lifebook yang hilang dicuri dikunci secara remote, dilacak, dan ditemukan dengan GPS.

Sama seperti laptop lainnya, laptop ini dibundel bersama software trial 90 hari internet security, yaitu Norton Internet Security.

Ketahanan Baterai
Fujitsu disuplai dengan sebuah baterai yang dikalim mampu bertahan selama 7 jam. Dalam pengujian yang dilakukan, baterai hanya mampu bertahan selama 5 jam 35 menit dengan menggunakan software Battery Eater Pro dalam keadaan aktifitas rendah.


Sumber:
http://newswires.computing.co.uk/c/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda tentang tulisan saya.
Saya yakin komentar anda akan lebih memperkaya warna di blog ini