Sabtu, 04 September 2010

Anti-Virus yang Saya Rekomendasikan - Membasmi Sality Tanpa Install Ulang Windows

Hari gini masih terserang sality? Yang nggak-nggak aja....

Sality memang sulit dibasmi, tetapi bukan berarti tidak bisa dibasmi. Jika Anda cuma bisa menggunakan sistem operasi Windows, sebaiknya jangan menginstall anti-virus pada komputer Anda yang telah diserang sality karena akan percuma. Saran saya sebaiknya Anda menagih simpati kepada teman-teman Anda yang memiliki Anti-virus dengan virus definition terbaru (bukan anti-virus engine baru) untuk berbaik hati melakukan scaning terhadap hardisk Anda. Jangan takut Windows Anda nantinya tidak bisa jalan, sebaiknya semua virus yang didapat langsung dihapus. Untuk keamanan saya sarankan mengunakan Anti-virus Avast, karena anti-virus ini sudah saya bandingkan dengan yang lainnya dan menurut saya, ini adalah yang terbaik. Mengapa? karena anti-virus ini hanya menghapus file duplikat dengan extenti .exe dan tidak mengganggu gugat file asli. Mungkin jika Anda scan kembali dengan anti-virus lain setelah anda lakukan pembersihan dengan avast, anda akan menemukan laporan bahwa masih ada virus di dalam komputer anda. Jangan khawatir karena itu adalah alarm palsu. Memang ada script virus pada file tersebut yang ditangkap oleh sistem heuristik anti-virus, namun script tersebut tidak akan berjalan karena badan virus telah dihapus oleh avast. Tapi kasus ini jarang terjadi, dan dari pengalaman saya cuma SmadAV yang akan memberikan alarm palsu ini.

Setelah anda sukses melakukan pembersihan, pasang kembali hardisk ke komputer anda dan nyalakan komputer seperti biasa. Komputer akan booting sedikit lambat karena ada beberapa file yang hilang. Setelah anda sukses berada di desktop windows, jalankan system file checker dengan cara tekan tombol windows disertai huruf R dan tuliskan pada kotak dialog: sfc disertai tombol enter. Windows akan melakukan scanning terhadap perubahan yang terjadi pada windows. Nah, dalam proses ini diperlukan CD instalasi windows. Windows anda akan meminta CD instalasi untuk mengambil kembali file-file yang hilang karena aksi bersih yang sebelumnya anda lakukan. Jika windows anda asli, proses ini adalah proses akhir dan windows anda telah seperti baru kembali. Jika windows anda bukan windows asli, silahkan anda merujuk kepada posting berikut ini.

O iya, saya kelupaan. Kotak dialog run untuk menjalankan system file checker masih di-disable dan belum dikembalikan semula. Disini kita perlu menggunakan peralatan dari SmadAV yang memungkinkan kita menjalankan semua aplikasi yang di-disable oleh virus. Buka task manager dari dengan tools yang disediakan SmadAV, setelah itu pilih Run New Task dan ketikkan sfc lalu enter. Kalo masih nggak bisa juga, download file registry repair berikut ini. Untuk pelaksanaannya, ekstrak file lalu klik kanan file hasil ekstrak, kemudian pilih install.

Sebagai sentuhan akhir, lindungi komputer anda dengan avast anti-virus dan udate terus virus definition nya paling tidak seminggu 2 kali.

Selain Avast, anti-virus yang saya rekomendasikan adalah PCM-AV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda tentang tulisan saya.
Saya yakin komentar anda akan lebih memperkaya warna di blog ini