Kamis, 07 Januari 2010

PENTINGNYA SERTIFIKASI HALAL

Kehalalan suatu makanan bagi seorang muslim adalah suatu yang mutlak karena ada beberapa makanan yang diharamkan oleh Islam. Adanya halal dan haram tidaklah membuat terhambatnya pemenuhan kebutuhan hidup seorang muslim melainkan memberikan perlindungan kepada muslim tersebut. Selain haram dimakan ada pula yang bahkan haram memegangnya, misalnya babi dan anjing. Bukan karena suatu alasan medis atau filosofi hewan tersebut yang menjadikannya haram, tetapi memang Allah telah mengharamkannya sebagai ujian bagi pemeluk agama Islam, apakah akan taat atau tidak.

Kehalalan juga tak hanya diukur dari bendanya, tetapi cara perlakuan dan cara memperolehnya. Bisa saja produsen makanan menganggap semua ayam boleh dikonsumsi oleh muslim tanpa memperhatikan proses pengolahan ayam hingga tersaji. Disinilah peranan adanya peninjauan oleh lembaga pemberi sertifikasi halal. Jika semua proses pengolahan sudah sesuai syariat, maka produsen tersebut layak mendapatkan sertifikat halal yang tercetak pada trade mark-nya. Demikian pula jika ternyata produsen makanan tersebut tidak mengolah makanannya secara syariah, maka walaupun makanan yang diolahnya halal tidak akan diberikan sertifikat halal.

Sertifikat halal bukan hanya berguna bagi pemeluk islam tetapi juga bagi seluruh umat. Karena di dalam Islam tata cara pengolahan makanan telah diatur sedemikian rupa sehingga tidak membahayakan pengkonsumsinya. Dengan demikian bagi non muslim tidak perlu gusar dan salah paham serta merasa umat muslim begitu diistimewakan, karena semua itu adalah untuk kesehatan seluruh umat manusia.

Disisi ekonomi sertifikasi halal akan sangat membantu produsen meningkatkan daya jualnya. Separuh populasi di dunia adalah pemeluk agama Islam, bayangkan jika tidak ada keraguan bagi mereka atas produk suatu produsen karena telah disertifikasi halal. Laris, kan? Dengan begitu, produsen tidak perlu khawatir jika akan kedatangan tamu dari lembaga pemberi sertifikasi halal. Malahan seharusnya disambut dengan penuh suka cita karena tidak akan ada lagi konsumen yang meragukan kehalalan produknya.

Mari berlomba mendaftarkan kehalalan produk, dan mari bersama menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda tentang tulisan saya.
Saya yakin komentar anda akan lebih memperkaya warna di blog ini