Jumat, 22 Januari 2010

PANAS DINGIN = MERIANG

Indonesia kalo diibaratkan manusia mungkin sedang dalam keadaan meriang kali ya? Sementara di berbagai daerah di Indonesia megalami hujan lebat sampai kebanjiran, Kalimantan Barat sudah beberapa minggu dilanda cuaca panas menyengat. Kayaknya pawang hujan di Kalimantan sangat kuat sampai-sampai hujan yang turun cuma gerimis doang.

Cuaca panas di Kalimantan Barat selalu disertai dengan debu tebal berterbangan akibat jalanan yang selalu berpasir dan juga banyaknya ruas jalan yang rusak, debunya menyesakkan pernapasan dan menyebabkan banyaknya penderita penyakit ISPA.

Penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) merupakan penyakit infeksi yang secara akut menyerang pernafasan atas, dari daerah hidung sampai tenggorokan. Sangat mengganggu karena dapat secara sistemik menurunkan sistem imun yang diakibatkan oleh gejala-gejalanya seperti pusing, pegal-pegal, lemas, dan tidak nafsu makan, belum lagi saat hadirnya sekresi lendir berlebihan dari saluran pernafasan mengakibatkan sulit bernafas dan rasa tidak nyaman saat menelan makanan.

Apabila tidak segera diatasi penyakit ISPA bisa menjalar menginfeksi alat-alat pernafasan bagian bawah, yaitu paru-paru yang sering disebut sebagai pneumonia. Penyakit pembunuh bagi balita.

Pengalaman saya selama bertugas di ruang perawatan anak, anak-anak yang terkena pnemoni sulit untuk sembuh. Apalagi biasanya orang tua membawa anaknya setelah anaknya mengalami sepsis (keracunan darah - racun berasal dari hasil metabolik virus dan bakteri berkembang tidak terkendali).

Dengan kemampuannya dalam menurunkan sistem imun tubuh secara sistemik menempatkan ISPA sebagai salah satu penyakit prioritas utama untuk dicegah bagi anak-anak. Pencegahan dilakukan dengan cara menghindari membawa anak keluar rumah di malam hari, memberi anak banyak minum air putih, perbaiki gizi anak, bila anak telah mengerti menggunakan masker sebaiknya anak diminta bermasker saat keluar rumah. Bila anak terserang ISPA segera konsultasikan ke dokter keluarga anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda tentang tulisan saya.
Saya yakin komentar anda akan lebih memperkaya warna di blog ini