Jumat, 05 Februari 2010

TERKUAKNYA SALAH SATU PENYEBAB MELEDAKNYA TABUNG GAS 3KG

Berawal pada suatu hari saya membeli sebuah tabung gas ukuran 3 kg karena banyak dari kami tidak kebagian jatah tabung gratis. Saat membeli tabung itu tidak ada menunjukkan keganjilan, kepala gas tersegel rapih, dan tidak ada terdengar atau tercium adanya gas keluar.

Setelah saya membeli tabung gas tersebut, segera saya pasang ke kompor gas dan apinya menyala sempurna. Karena saya akan memindahkan letak kompor gas, maka regulator saya lepaskan dari kepala tabung. Nah, saat ini saya mencium adanya masalah. Dari kepala tabung gas tersebut tercium bau gas dan derdengar suara gas keluar. Padahal selama saya menggunakan tabung gas 12 kg kejadian tersebut tidak pernah terjadi, apabila regulator dilepas gas akan aman di dalam tabung. Karena hal tersebut, segera saya tempatkan kompor di tempat semestinya dan memasang kembali regulator untuk menghindari kebocoran gas.

Sepertinya saya telah menemukan salah satu sebab kenapa tabung gas 3 kg bisa dengan mudahnya membuat kecelakaan kebakaran dan meledakkan seluruh isinya. Ya, dengan adanya kejadian ini tentu saja kita berharap semoga pihak produsen menguji kembali tabung-tabung sebelum diisi ulang dengan gas bakar.

Pengujian bukan hanya sekedar mengisi gas dengan tekanan tertentu kemudian menenggelamkannya ke air, tapi coba setelah mengisi tabung tekan katup gas untuk mengeluarkan gas beberapa saat kemudian melepasnya. Apakah gas berhenti keluar setelah katup dilepas, atau tetap keluar?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda tentang tulisan saya.
Saya yakin komentar anda akan lebih memperkaya warna di blog ini