Jumat, 05 Februari 2010

APA ITU NASIONALISME?

Tahu ndak? Seluruh kejadian di negeri ini mulai dari penggusuran yang tidak ada pemecahan masalahnya sampai kepada kasus korupsi Century membawa saya pada satu pertanyaan. Jika Indonesia mengalami serangan dari pihak luar, atau terjadi pemberontakan, makar, atau sejenisnya, apakah rakyat Indonesia akan berjuang mengorbankan jiwa raganya demi Indonesia? Apakah, rakyat akan membela Indonesia, Pemerintah di Indonesia, atau keduanya?

Menurut saya rakyat akan memilih membela Indonesia, membantu menumbangkan rezim akibat kekecewaan yang mendalam dan berharap terbentuknya Indonesia baru yang lebih baik. Walaupun di dalam hatinya ada keraguan benarkah apa yang dilakukannya ini?

Rakyat akan memilih membela Pemerintah di Indonesia dengan alasan kesetiaan walaupun dihatinya ragu akan sikap nasionalisme Pemerintah nya dan harap-harap cemas akan masa depan negaranya.

Rakyat akan memilih membela Indonesia dan Pemerintahnya dengan alasan kesetiaan terhadap negara dan konsekuensi bagi rakyat karena toh yang memilih pemimpin Pemerintahan adalah rakyat sendiri, dan berharap setelah krisis negara reda dan selesai, akan menjadi Indonesia yang lebih baik dari sebelumnya.

Tapi, sebelum mengambil keputusan ada baiknya kita renungkan bahwa Indonesia telah tertanam doktrin korupsi dan kemelaratan selama 350 tahun plus buruknya pemerintahan paska proklamasi kemerdekaan sebelum pemerintahan-pemerintahan sekarang. Kesalahan bukan hanya ada pada pemerintahan sekarang, tetapi sudah sejak dari dulu Indonesia dililit oleh benang kusut sejauh ratusan tahun. Pastilah tidak akan mudah mengurai benang kusut tersebut. Ditambah lagi doktrin yang ditatamkan penjajahan selama 350 tahun pastinya telah lekat dan tercetak di DNA masyarakat kita tidak akan mudah mengikisnya.

Ini adalah perjuangan kita bersama-sama untuk bersungguh-sungguh kepada Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda tentang tulisan saya.
Saya yakin komentar anda akan lebih memperkaya warna di blog ini