Selasa, 15 Maret 2016

Masalah Aplikasi e-SPT PPN 1111 pada Windows x64 bit

Menginstal aplikasi di Windows x64 bit memang kadang terasa untung-untungan. Terkadang mulus, terkadang terhenti di tengah jalan. Aplikasi yang sukses diinstal, pun belum tentu dapat berjalan. Banyak persoalan dependensi yang hingga saat ini pemecahan masalahnya adalah berdasarkan keluhan pengguna.

Salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah aplikasi eSPT yang dibangun dengan arsitektur x86 (32 bit), yaitu e-SPT PPN 1111. Penginstalan akan ada pesan error saat tahap akhir, namun aplikasi tetap terpasang setelah tombol OK pada pesan error diklik. Masalah akan tampak saat aplikasi dijalankan pada tahap melakukan koneksi database. Nah, ini lah masalahnya. Database aplikasi ini menggunakan MS Access 2007 dan VB yang hanya kompatibel dengan x86, sehingga aplikasi tetap akan berhenti dengan error 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0' provider is not registered on the local machine error

Alhamdulillah, masalah ini diakomodir oleh pihak Microsoft dengan merilis mesin database access yang dapat kompatibel dengan x64. Setelah diinstall, error ini akan hilang dan aplikasi akan berjalan dengan lancar. Berikut file installer yang dapat membantu memecahkan masalah error Microsoft.ACE.OLEDB.12.0' provider is not registered on the local machine error.

Microsoft adalah perusahaan properietary yang menutup serapat-rapatnya kode yang dianggap berharga. Tidak seperti linux yang terbuka sehingga setiap aplikasi yang akan diinstall dapat dengan mudah ditemukan file-file dependensinya, aplikasi di Windows terkadang akan sangat sulit untuk diperoleh file dependensi nya. Namun, Windows adalah OS yang sangat stabil dan user seluruh dunia mengakuinya. Hanya saja, semoga ke depannya permasalahan dependensi antara x86 dan x64 pada Windows dapat lebih mudah ditemukan solusinya sehingga lebih menghemat energi dan waktu yang produktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda tentang tulisan saya.
Saya yakin komentar anda akan lebih memperkaya warna di blog ini