Kamis, 09 April 2015

DOKUMEN PDF TIDAK BISA DICETAK DI UBUNTU?

Saya kira ini bug dari CUPSD, atau mungkin justru bug dari Document Viewer? Nyebelin nih masalah. Berkali-kali coba nyetak nggak ada respons dari printer, padahal pop up di monitor menyatakan pencetakan berhasil dilakukan. Coba browsing untuk pemecahan masalah juga malah buat tambah pusing. Alih-alih nyalahin CUPSD, Saya bongkar aja tuh Document Viewer dari Elementary OS milikku. Judulnya Ubuntu, sekarang kok nyinggung Elemtary OS. Apa lagi tuh? Elementary OS itu distro yang disusun berdasarkan kernel miliknya Ubuntu. Sama seperti Ubuntu yang disusun dari kernel Debian. Jadi ya, sama aja.

Selesai saya bongkar Document Viewer, saya pasang Adobe Acrobat Reader dan mencoba kembali mencetak dokumen PDF yang tadi nggak bisa dicetak dengan Document Viewer. Hasilnya? Sukses!!!

Jadi nggak jelas nih sebenarnya bug nya di mana. Kalo browsing, hampir semuanya mengatakan itu bug dari CUPSD. Tapi kenyataannya setelah diganti menggunakan reader yang lain kok bisa mencetak? Nah, loh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda tentang tulisan saya.
Saya yakin komentar anda akan lebih memperkaya warna di blog ini